Pj Bupati Muaro Jambi Resmi Membuka Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa Ke 121 Tahun 2024

Lintastimur.com - Muaro Jambi - Pj Bupati Muarojambi Raden Najmi resmi membuka pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 TA 2024 Kodim 0415/Jambi di lapangan bola kaki Bajaw, Desa Sukamaju, Kecamatan, Mestong, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Rabu (24/7/2024).

Pada TMMD tahun 2024 ini, dengan mengusung tema Darmabakti TMMD mewujudkan percepatan pembangunan di wilayah, yang dihadiri jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dalam sambutannya Pj Bupati Muaro Jambi Raden Najmi menyampaikan atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran Danrem 042/ Gpu beserta rombongan ditengah kesibukan sehari-hari telah berkesempatan hadir pada peresmian pembukaan pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 di Kecamatan Mestong berlokasi Desa Muaro Sebapo, Desa Pondok Meja dan Desa Suka Maju. 

Lebih lanjut Pj Bupati Raden Najmi menyampaikan dengan TMMD ke-121 semoga dapat memacu masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi untuk lebih meningkatkan pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang. 

PJ Bupati Muaro Jambi, Raden Najmi, mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini, karena merupakan sarana dalam pelaksanaan pembangunan desa-desa tertinggal. "Mudah-mudahan TMMD ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat," ujar Najmi.

Pada hakekatnya kata Raden Najmi pelaksanaan pembangunan merupakan wujud partisipasi dari berbagai elemen masyarakat yang salah satu implementasinya adalah melalui kerjasama yang harmonis antara Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dan pihak TNI terutama dalam menjaga dan memelihara situasi yang kondusif dalam melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan baik prasarana fisik maupun non fisik. 

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi terus berusaha meningkatkan pembangunan pedesaan dengan segala keterbatasan yang ada. "Mudah mudahan melalui pelaksanaan TMMD ke-121 Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Muaro Jambi khususnya di 3 Desa ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0415/Jambi, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya berharap, kegiatan ini berlangsung sukses dan program TMMD dapat mempercepat pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Berdasarkan hasil survey dan sesuai dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi ke-3 Desa/Kelurahan di wilayah Kecamatan Mestong ditetapkan sebagai daerah sasaran kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Tahun 2024. 

"Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Desa sasaran TMMD kali ini agar bersama-sama ikut berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pelaksanaan kegiatan TMMD ini," ujarnya

Pemilihan ke-3 Desa tersebut sebagai Desa sasaran kegiatan TMMD ke-121 Tahun 2024 didasarkan atas kondisi dan potensi yang dimiliki ketiga desa tersebut sebagai wilayah sentra produksi perkebunan dan pengembangan pusat pertumbuhan yang memerlukan akses transportasi yang lancar untuk menghubungkan jalan antar desa pusat-pusat produksi dan pertumbuhan yang didukung dengan peningkatan sarana infrastruktur lainnya dalam upaya meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat.

Dijelaskannya Kegiatan fisik pembangunan jalan baru dengan panjang jalan sepanjang 4.600 M (4,6 KM) dan lebar untuk Type 1 lebar 9 M, selanjutnya kegiatan bedah rumah dengan melakukan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 2 Unit, Rehab Tempat Ibadah (Musholla) sebanyak 1 Unit, pembuatan Pos Kamling dalam memberdayakan masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan disekitarnya yang dibangun sebanyak 1 Unit dan terakhir melakukan Manunggal Air yang berguna untuk memenuhi kebutuhan air dalam kehidupan sehari-hari pada lingkungan sekitarnya dengan pekerjaan pembuatan sumur bor sebanyak 2 unit.

Selain itu ada juga kegiatan non Fisik antara lain Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum seperti Penyuluhan Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Pelayanan Kesehatan, Pertanian, Hukum, Narkoba, Keagamaan, Kamtibmas tentang bahaya Teroris dan paham Radikalisme, KB Kesehatan, Perikanan/ Peternakan, Lingkungan Hidup dan kehutanan, Pelayanan Publik dan kependudukan, penyuluhan di bidang Kesehatan antara lain Stunting, Posyandu, maupun Posbindu PTM, Selanjutnya, penyuluhan Pendidikan, serta Penyuluhan Kegiatan PKK.

Untuk diketahui, pelaksanaan TMMD ke-121 TA 2024 Kodim 0415/Jambi selama satu bulan dari tanggal 24 Juli sampai dengan 22 Agustus 2024(Wak Sabek

Terkini